How To : Setting TP-Link Wifi Range Extender

11.53 Dini Ratnadewi 8 Comments


Saya memiliki pengalaman gak menyenangkan tentang konektivitas wifi di kosan. Signalnya lemah banget, cuma 2-3 bar. Padahal routernya di simpan di atas pintu kamar no 3 (saya dikamar pertama), kaya nya sih gara2 bangunan nya dari beton jadi gak tembus tuh signal nya. Sayang banget kan, udah bayar perbulan tapi kualitasnya putus nyambung gitu. Akhirnya saya googling untuk mengetahui cara mengatasinya dan salah satunya adalah menggunakan wifi extender.

Wifi extender adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai penguat sinyal dan memperpanjang jangkauan wifi. Kalo orang jaringan bilangnya repeater, nah alat ini semacam repeater portable nya lah :D. Ilustrasi kasusnya kaya gini : sebuah rumah memiliki satu router yang disimpan di lantai 1, tapi sinyal wifi di lantai 2 terdeteksi sangat lemah terus pake wifi extender ini deh biar di lantai 2 wifi nya kenceng juga.

Setelah cari tahu brand yang oke, akhirnya pilihan saya jatuhan pada TP-Link Wifi Range Extender model TL-WA850RE. Next time saya tulis reviewnya juga deh *kalo inget wkwkwk, kali ini cara settingnya dulu aja yah. Sebetulnya sudah ada manual guide nya, cuma biar lebih jelas saya tulis lagi aja disini :D.

Ini dia penampakan box nya
Persiapan
Sebelum melakukan konfigurasi, perlu diperhatikan dan dipersiapkan beberapa hal berikut ini :
1. Terdapat jaringan wifi yang sudah terpasang dan siap untuk di gunakan.
2. Device yang digunakan untuk melakukan pengaturan via browser. Bisa pake laptop, pc atau smartphone.
3. Colokan listrik.

Cara Konfigurasi
Berikut ini adalah step2 yang dilakukan untuk mengkonfigurasi TP-Link Wifi Range Extender.
1. Sambungkan device TP-Link Wifi Range Extender ke terminal/colokan listrik, dekat dengan router. Tekan beberapa saat, tunggu sampai  wireless LED menjadi stabil seperti berikut.

LED yang sudah stabil
2. Putuskan koneksi wifi laptop/PC/smartphone anda yang akan di gunakan untuk menyetting alat tadi. Dalam Contoh kali ini saya setting pake laptop.
3. Refresh jaringan wifi anda, kemudian sambungkan dengan access point TP_LINK_Extender_xxxx seperti gambar di bawah ini.
sambungkan ke jaringan ini
4. Selanjutnya buka browser anda kemudian ketik url address http://tplinkrepeater.net pada address bar. Setelah halaman tampil, isi username dan password dengan admin (huruf kecil semua), kemudian klik Login.

halaman login
5. Jika sudah berhasil masuk, buatlah account yang akan di gunakan untuk mengelola jaringan. Isi username, password dan confirm password, jika sudah klik tombol Confirm.

inputan untuk membuat account
6. Anda akan di direct ke halaman quick setup. Sistem akan melakukan scanning terhadap  jaringan yang tersedia. Tunggu sampai daftar jaringan muncul.

proses scanning sedang berjalan
7. Pilih jaringan yang akan anda perkuat *untuk kasus ini saya pake Pondok Raisa, kemudian masukan password dari jaringan tersebut (Note : bukan password account) kemudian klik Next.

daftar jaringan
8. Kemudian akan tampil pilihan, apakah akan melakukan customize host SSID atau tetap menggunakan SSID yang sudah ada. Untuk step ini saya memilih opsi untuk tetap menggunakan SSID yang ada.

halaman pilih host SSID
9. Proses konfigurasi selesai. Selanjutnya akan ditampilkan halaman summary dari konfigurasi yang telah kita lakukan. Periksa kembali apakah password SSID yang akan di perkuat sudah sama, jika sudah sama klik Save.

summary
10. Setup yang sudah dilakukan akan diterapkan pada jaringan anda. Tunggu sampai proses selesai.

rebooting sedang berlangsung
11. Jika proses di step atas sudah selesai, klik tombol finish.

step terakhir
12. Tadaaa...proses konfigurasi selesai. LED pada device harus menyala seperti gambar berikut.

LED harus menyala seperti ini
Penjelasan Lain2
1. Sebagai perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan TP-Link Wifi Range Extende, perhatikan gambar berikut.

perbandingan
2. Extended network (jaringan yang di perkuat) harus memiliki password yang sama dengan host nya.
3. Untuk nama SSID (access point) bisa sama dengan host aslinya, atau berbeda sesuai dengan jenis pilihan yang tadi sudah di jelaskan di atas.
4. Usahakan untuk memilih brand repeater/wifi range extender yang sama dengan routernya. Hal ini dilakukan untuk menghindari ketidak cocokan hardware.

Selamat mencoba :)

~17 Februari 2017~

You Might Also Like

8 komentar:

  1. lengkap mbak penjelasannya :D nice sharing

    BalasHapus
  2. Setelah menggunakan TP Link kecepatannya jadi oke ya, Mbak :) Saya dulu juga pernah punya, hanya beda seri dengan yang Mbak punya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas jadi ngebut jaringan nya hehhe

      Hapus
  3. waaaah keren ya, berkat bantuan TP link wp rank jadi bisa lancar internetan

    BalasHapus
  4. Wah aku baru tau tentang extender ini, aku pikir ini semacam modem jugaaa. Ternyata fungsinya untuk menguatkan jaringan yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak hihih lumayan kenceng & stabil setelah pake ginian :D

      Hapus