Review Kuliner : Empal Gentong Khas Cirebon

15.05 Dini Ratnadewi 6 Comments


Hai hai..selamat tahun baru, sorry telat ngucapin nya hahah. Mengawali awal tahun 2017 ini saya mudik ke Cirebon. Rindu Emak pake banget, jadi deh ngambil cuti akhir-awal tahun. Oia bagi yang belum tahu, Cirebon itu merupakan kota yang terletak di pesisir utara pulau Jawa dan merupakan bagian timur Jawa Barat. Kalo kalian ada yang mau ke Jawa Tengah via Pantura, pasti lewat Cirebon dulu. 

Nah, pas mudik kemarin saya sekeluarga sempet nyobain kuliner khas Cirebon, yaitu empal gentong. Padahal saya pengen makan Nasi Jamblang, mudah2an next time bisa saya tulis juga ya.

Kuliner ini mirip dengan gulai (gule) yang dimasak di dalam gentong (periuk tanah liat) menggunakan kayu bakar. Maka nya kuliner yang memiliki aroma khas ini di kenal dengan nama empal gentong. Daging yang biasa di gunakan bisa berupa usus, babat dan daging sapi. Kalo kemarin saya minta daging dan babat aja.


Ps : Foto aslinya keburu saya hapus, untung ada Instagram jadi nyomot dari sana :p.

Kuliner ini juga biasa di sajikan dengan taburan kucai yang sudah di potong halus serta bawang goreng. Selain itu bisa juga di hidangkan dengan lontong atau nasi. Kemarin sih saya lebih memilih nasi, laper soal nya hahah. Bagi yang suka pedes, bisa menambahkan bubuk cabe kering yang tersedia. Jangan heran yah, di setiap kedai empal gentong pasti hanya cabe kering yang disediakan. Tapi lumayan pedes koq :D.

Harga yang ditawarkan juga cukup murah, sekitar IDR 15-20 saja. Untuk masalah tempat makan yang enak, kalo saya pribadi sih akan menyarankan empal gentong yang di stasiun heheh. Banyak yang bilang di situ enak :). Ada juga di daerah Plered, cuma saya lupa nama warung nya apa. Yang jelas di setiap sudut kota Cirebon, kita pasti dapat menemukan kuliner khas ini.Yuk cobain juga :D.

~ 3 Januari 2017 ~

You Might Also Like

6 komentar:

  1. Aku belum pernah nyicip tuh empal gentong, soalnya vegetarian. Tapi kuahnya kayanya enak, mau dong versi sayurnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah orang vegie pasti lebih sehat yaa..mungkin bisa eksperimen sendiri mbak pake bahan makanan untuk vegetarian..saya juga pengen coba :D

      Hapus
  2. Wah aku nggak pernah nih makan empal gentong mungkin lain kali harus coba.

    BalasHapus
  3. salah satu makanan favorit saya tuh.. di kampung saya juga bannyak yang jual enak" lagi...

    salam hangat dari
    Solusi android

    BalasHapus
    Balasan
    1. kampungnya dimana emng mas, jangan2 kita satu kampung hihih..salam kenal juga :)

      Hapus