Fashion Event : Indonesia Traditional Wedding Festival 2016

20.48 Dini Ratnadewi 4 Comments

Bulan Oktober ini banyak banget event2 seru yang diadakan di Bandung, salah satunya yaa wedding festival ini. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 14, 15 dan 16 Oktober 2016 di Pusdai Bandung ini bertajuk Indonesia Traditional Wedding Festival , dan merupakan ajang unjuk gigi bagi para perancang busana pernikahan tradisional. Jadi acara semacam ini sudah cukup familiar bagi warga Bandung, apalagi bagi para calon pengantin pasti nunggu2 banget acara kaya gini. Pada Sabtu, 15 Oktober saya dengan sedikit memaksa seorang teman akhirnya datang ke acara ini. Selain gratis, acara ini juga terbuka untuk umum baik calon pengantin atau orang2 yang hanya sekedar ingin melihat2 saja. Karena kebetulan lagi butuh banget info soal pernikahan akhirnya saya memutuskan untuk datang ke acara ini. 


Di event ini ada puluhan booth dari berbagai vendor pernikahan, masing2 vendor tersebut menawarkan berbagai paket pernikahan dengan cashback yang menggiurkan bagi konsumen. Mulai dari cashback 10% , bonus beberapa stall makanan, sampai paket menginap di hotel. Oia sedikit tips bagi calon pengantin yang akan datang ke acara serupa, sebaiknya datang bersama dengan pasangan atau dengan orangtua. Hal ini diperlukan agar kita gak bingung dan bisa dengan tepat menentukan paket mana yang cocok dengan kita. Singkat kata, biar ada temen diskusi lah :).

Booth Photo Prewedding
Rasanya saat ini ada yang kurang ya kalo gak foto pra nikah dulu. Berbagai konsep indoor maupun outdoor di pilih oleh pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Kadang foto2 ini menjadi semacam media yang digunakan untuk menceritakan kisah asmara mereka. Di booth2 ini kita bisa melihat2 berbagai paket yang di tawarkan, mulai dari paket prewedding sampai paket komplitnya. Tentunya kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Jika butuh jasa prewedding saja maka pilih paket prewedding, tapi jika butuh photographer profesional saat akad dan resepsi pun, tinggal pilih paket komplitnya saja.


Oia untuk gaun2 dan jas yang di pakai saat pemotretan, beberapa vendor menjalin kerjasama dengan vendor lain sehingga kita tidak perlu lagi sewa baju. Namun, ada juga vendor yang tidak mengikat. Artinya untuk wardrobe dan tempat pengambilan gambar bisa kita pilih sendiri, tentunya dengan extra budget untuk menyewa custom dan tempat.

Booth Undangan
Undangan juga merupakan hal yang penting saat mempersiapkan pernikahan, kaya nya makin tebal undangan makin tebal juga kocek yang harus di keluarkan. Namun tentu semuanya tergantung pada selera masing2 ya. Ada yang lebih suka pada undangan dengan konsep tertentu, ada juga yang mempertimbangkan dari segi harga. Berdasarkan pengamatan saya kemarin, harga undangan yang ditawarkan cukup bervariasi mulai dari IDR 5000 bahkan yang IDR 22000 pun ada.



Booth Make up dan Baju
Ini juga penting sih, gak mau kan kalo di hari yang special tapi ternyata hasil riasan nya biasa aja. Nah, di booth2 ini juga banyak banget paket yang di tawarkan. Ada yang sudah include dengan decor, ada juga yang hanya menawarkan make up dan bajunya saja. Bajunya bagus2 banget, cuma saya agak ciut nih secara badan saya kan kecil yaa, kira2 ada yang muat gak yah :(. Lagi2 untuk masalah harga, tentu harus pintar2 menyesuaikan dengan dana kita ya, biar ga over budget.






Booth Hotel
Saat ini banyak juga hotel2 yang menawarkan paket pernikahan, baik di ballroom nya atau di taman dengan konsep outdoor. Kemarin saya sempet lihat ada beberapa booth hotel yang menawarkan paket pernikahan dengan berbagai harga. Selain itu, hotel2 ini juga menyediakan paket prewedding photo juga.


Booth WO
Kalo di booth2 ini kebanyakan menawarkan pelayanan all in, artinya mulai dari undangan, dekorasi, catering sampai photo di sediakan oleh vendor. Calon pengantin tinggal mencari gedungnya saja. Harga per paketnya pun beragam mulai dari belasan juta sampai ratusan juta. Pas liat pricelist nya saya langsung pusing hahha. Banyak banget angka nya wkwkwk. Memang harus pintar2 cari WO yang sesuai dengan anggaran kita ya :).






Booth Catering
Masalah makanan dalam sebuah pesta merupakan hal yang mendasar, bahkan dana yang disiapkan hampir 50% nya di alokasikan untuk makanan. Karena itu kita perlu banget nih memikirkan apa saja yang harus di perhatikan ketika memilih vendor catering. Misalnya menentukan jumlah tamu yang akan di undang, tapi biasanya pihak catering akan menyarankan untuk order catering 2x dari jumlah undangan. Selain itu lebih baik lagi jika di lebihkan dikit biar gak kurang. Hadeeuh bisa2 over budget deh.





Tapi gak usah takut, biasanya sudah ada paket catering yang ditawarkan sesuai dengan jumlah porsi yang di butuhkan dan dapat di sesuaikan. Selain itu kita juga bisa menanyakan misalnya, jika acara di adakan di luar kota apakah akan ada biaya tambahan atau tidak. Di Booth2 ini kita juga di persilakan untuk mencicipi beberapa makanan yang di sediakan.

Booth Souvenir
Kadang pasangan pengantin pun di buat bingung dengan pilihan souvenir yang akan di berikan pada tamu undangan. Ada yang ingin souvenir unik dan beda dari yang lain ada juga yang mungkin beli kodian di toko souvenir. Kalo saya sih lebih mikirin souvenir apa yang bisa bermanfaat selain gelas atau cangkir hehhe. Iya, biasanya saya dapat souvenir gelas saat kondangan dari temen. Nah, kemarin saya menemukan souvenir unik nih. Ada kaktus yang di kemas sedemikian rupa sehingga akan menjadi souvenir yang manis. Harga yang di tawarkan antara IDR 15000 sampai IDR 18000 sesuai dengan jenis pot yang di gunakan.




Selain berbagai kaktus tadi, ada juga beberapa kerajinan dari bahan kulit sintetis yang dapat di jadikan sebagai souvenir. Ada key holder, coin pouch, luggage tag, cable holder dan masih banyak lagi. Produk2 ini memiliki harga yang bervariasi.



Selain itu ada juga booth yang menyediakan perhiasan untuk kepentingan mas kawin. Ada perhiasan yang berbahan palladium, karena bagi lelaki muslim tidak diperbolehkan untuk menggunakan emas. Palladium merupakan logam mulia dalam perhiasan yang di gunakan sebagai alternative dari platinum untuk membuat emas putih. Harga yang di tawarkan untuk sepasang cincin pun terbilang cukup murah.



Hadeeuh banyak juga ya hal2 teknis yang harus kita pikirkan sebelum menikah. Pernikahan kan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup kita, tentunya kita ingin sekali membuat moment ini menjadi begitu berkesan dan tak terlupakan. Tapi kata orang2 persiapan nikah itu ribet banget, iya gak sih? soal nya saya belum ngalamin nih heheh. Saya ada sedikit tips bagi yang sedang mempersiapkan pernikahan, ini dia :

1. Sebelum mempersiapkan pernikahan ada baiknya kita mencari calon pasangannya dulu :D. Yups, perkara menikah kan bukan main2, jadi perlu sekali mencari dan melihat calon kita agar tak menyesal di kemudian hari hahha. *ini tips penting gak penting sebenernya wkwkkw.
2. Tentukan tempat pelaksaan resepsi. Karena saya sebetulnya belum dapat gedung, jadi kemarin agak susah nyari vendor yang sesuai. Rata2 mereka akan menyarakan untuk mencari gedungnya dulu, setelah gedung di tentukan maka kebutuhan lain seperti dekorasi dan catering akan semakin mengerucut begitu juga dengan budgetnya. Jadi akan lebih mudah jika tempat pelaksaan resepsinya sudah kita tentukan di awal.
3. Singkirkan hal2 yang tidak begitu penting dari daftar kita. Misalnya saja jika kita merasa tidak terlalu membutuhkan jasa prewedding, maka item prewedding bisa kita coret dan dana nya bisa kita alokasikan untuk kebutuhan lain.
4. Jangan malu bertanya pada orang lain atau pada vendor yang kita pilih. Disini kita harus cerewet dan banyak bertanya. Jangan sungkan menanyakan segala sesuatu yang mengganjal. Lebih banyak bertanya lebih banyak masukan bahkan saran yang dapat kita pertimbangkan.

Event ini benar2 bermanfaat bagi saya, meskipun untuk sekedar mengira2 berapa budget yang di butuhkan nanti. Mudah2an kuat ngumpulin uang nya hahah. Booth yang tersedia juga lengkap, selain itu kita juga bisa compare harga dari 1 vendor ke vendor lain.

Mudah2an tulisan ini bermanfaat :). Salam ~

~ 18 Oktober 2016 ~

You Might Also Like

4 komentar:

  1. Wuih, ada ya pameran ini? Ihiks udah lewat. Tahu gitu aku dateng ke sana. Btw, Cakep-cakep tuh cincinnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa teh tiap tahun ada event ini..harga nya juga bagus teh ga terlalu bikin kantong bolong hahah

      Hapus
  2. Waaaah pameranny pasti rame sama pasangan pasangan yang lagi merencanakan pernikahan yaaaa. hihi. betewe betewe, Sovenir kaktusnya lucuuuuuuuuu, nggak pasaran yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. rame banget teh setiap sudut pasti pasangan2 gitu heheh iyaa kekinian yaa souvenir nya jadi merasa lebih dekat dengan alam wkwkwk

      Hapus