Chingu Korean Fan Cafe : Cafenya Para Kpop-ers Bandung

14.09 Dini Ratnadewi 49 Comments


Bagi Kpop-ers cabang regional Bandung *halaah, nama Chingu Korean Fan Cafe sudah tak asing lagi. Kaya nya belum sah jadi Kpop-ers kalo belum menyambangi cafe yang satu ini. Saya pertama kali  mengenal cafe ini tahun 2015 dari teman2 kantor yang memang Kpop-ers sejati. Dari mereka saya jadi tahu drama Korea yang bagus macam Reply 1988 dan aktor tampan Park Bo Gum :D. Jujur saya gak terlalu memperhatikan blantika Kpop atau Kdrama, tapi bukan berarti saya tidak tahu sama sekali. Saya juga ngefans loh sama So Ji Sub hahha.

Setiap drama yang kita tonton pasti ada scene, dimana para aktor dan aktris nya sedang menyantap sajian khas negeri ginseng yang menggugah selera. keliatannya enak banget gitu yah, nyaris menetes air liur saya gara2 melihat adegan makan tersebut :p. Jadi weekend kemarin saya berkesempatan untuk mengunjungi cafe ini lagi *untuk kesekian kalinya, tapi baru sempet bikin reviewnya sekarang hahha. Cafe ini terletak di Jl.Sawunggaling No.10 Bandung dekat Baltos (balubur town square), kalo dari kebun binatang Bandung tinggal lurus aja ke bawah (arah fly over). Oia cafe ini beroperasi dari pukul 10.00-22.00 wib. Jadi bisa disambangi sehabis pulang kantor juga :).

Interior Cafe
Seperti cafe pada umumnya, saat pertama masuk kita akan ditanyai untuk berapa orang. Jika table belum tersedia mau gak mau kita harus menunggu dulu. Tapi tenang, bagi yang harus menunggu gak usah khawatir akan merasa boring dan kepanasan. Kita dipersilakan untuk menunggu di dalam cafe dan memang sudah ada tempat untuk menunggunya. And guest what? tempat nunggunya kece banget..wajid-KUDU-harus di abadikan. Secara interior sih masih sama dengan tahun lalu, hanya ganti gambarnya aja heheh. Tempat nunggu ini terletak di pojok dekat dengan meja kasir.

saya saat pertama kali datang di tahun 2015
ini dia tempat nunggu di tahun 2016
Karena pada kunjungan kemarin saya datang cukup pagi *ini sengaja biar gak WL, saya dan partner saya bisa memilih tempat yang asik buat foto2 hihi yaitu di area lesehan. Cafe ini memiliki beberapa tempat makan dengan tema yang berbeda2. Ada tempat makan yang di desaign khusus menyerupai kereta, konsep taman, lesehan seperti ruang makan khas Korea dan yang "normal' seperti cafe2 lain pun ada. Oia dibagian belakang Chingu cafe ini ada sebuah cafe lagi nama nya Chagiya. Chagiya ini menyajikan menu suki tapi tempatnya seru banget, nanti saya kasih foto2nya. Biasanya saat kita reservasi akan ditanya lagi mau di Chingu atau di Chagiya, kita juga bisa melihat menu2 dari kedua cafe tersebut sambil menunggu. Jadi begitu tempat sudah tersedia bisa langsung order deh.

ini table di seberang meja saya
Masih table seberang
Ini agak nyempil sih tempatnya
*saya lupa ambil foto lokasi table saya yang lesehan itu :( 
Ini yang saya bilang konsepnya seperti di dalam train
Kalo yang ini di depan Chagiya
Suasana di Chagiya
lucu kan tempatnya
Daftar Makanan
Makanan yang ditawarkan merupakan makanan khas Korea, mulai dari kimchi yang sudah tersohor sampai dengan Jjajangmyun yang bercitarasa unik. Ada yang berbeda jika anda mengamati daftar menu, simbol mata uang yang di cantumkan adalah Won (). Tapi gak usah panik ya, harga yang tertera sebenarnya dalam rupiah hanya saja angka nol pada digit terakhir dihilangkan. Jadi gak usah hitung2 convert ke Won ya hihih.

Beberapa makanan dalam daftar menu
Jjajangmyun
Tteokboki & Rabokki
Aduh ini apa ya :D
Kimchi
Untuk minuman, cafe ini menawarkan berbagai squash dan milk tea yang dapat diberi berbagai toping di atasnya. Squash nya warna warni dan keliatan seger banget.

Berbagai macam squash
*lagi2 saya gak foto daftar milk tea nya.

Pesanan Saya
Setiap kesini saya gak kesampean terus makan tteokboki (makanan yang terbuat dari tepung beras), akhirnya kemarin bisa nyicip juga alhamdulilah :D. Tteokboki ini teksturnya mirip dengan cilok, hanya saja gak terlalu keras dan tingkat kekenyalannya pas. Selain potongan tteokboki, ada juga potongan odeng dan baso ikan. Karena saya pesan yang spicy, jadi makin mantap aja deh makannya. Dari segi harga menurut saya cukup murah, hanya dengan ± IDR 25 kita sudah dapat menikmati sepiring tteokboki.

Sepiring tteokboki yang saya pesan
Potongan tteokbokinya enak :D
Nah, karena tteokboki tadi cuma cemilan jadi saya pesan makanan yang lain lagi :D *hadeuh dasar maruk. Akhirnya saya pesan Bibimbap alias nasi campur ala Korea. Bibimbap memiliki beberapa sayuran yang digunakan sebagai isiannya, selain itu ada telur dan daging giling sebagai pelengkapnya. Untuk bumbunya menggunakan gochujang atau pasta cabai khas Korea. Sebelum di santap harus di aduk2 dulu biar bumbu nya merata. Sepintas saya teringat dengan nasi pecel :D. Untuk masalah harga seporsi bibimbap ini di bandrol dengan harga ± IDR 26, sepadan dengan rasa dan porsinya yang mengenyangkan.

Add caption
Untuk minuman pilihan saya jatuh pada salah satu squash yaitu I got 7 love, dapet one love aja belum tentu setia apalagi 7 love hahah *apaan sih -__-". I got 7 love ini merupakan perpaduan dari sirup lemon dan strawberry, rasanya pun asem2 seger. Cocok bersanding dengan tteokboki yang spicy tadi. Varian squash ini dihargai ± IDR 11, murah meriah tapi bikin seger.

i got 7 love
Pesanan Teman
Kalo teman saya penasaran banget dengan Jjajangmyun, dia gak berhenti2 nya bilang mau makan ini. Hadeuuh ya udah saya bawa aja kesini. Begitu nemu tempat yang nyaman dia langsung order jjajangmyun super spicy. Oia jjajangmyun itu masakan mie yang diberi kuah pasta kacang kedelai hitam. Saat pertama kali melihat makanan ini saya agak ragu, koq kaya manis banget ya kalo kata orang sunda mah giung (terlalu manis). Tapi ternyata jjajangmyun ini bercitarasa gurih. Kuah kental dan warna pekatnya didapat dari pasta kacang kedelai, setelah agak dingin kuahnya jadi semakin encer. Mirip2 kuah Lomie. Kita dapat menikmati semangkuk jjajangmyun dengan merogoh kocek sebesar ± IDR 25 saja.

Selain itu Strawberry milk tea dipilih sebagai minuman pendampinya, ditambah dengan toping popping strawberry. Jadi si bubble atau si popping nya tadi akan pecah di mulut dan mengeluarkan sirup rasa starwberry, ini unik banget kalo menurut saya. Satu cup strawberry milk tea dapat kita nikmati dengan harga ± IDR 23,5.

Jjajangmyun super spicy & starwberry milk tea
Jjajangmyun
Sebagai hidangan penutup, saya memesan semangkuk Original Pat Bingsoo. Sengaja ordernya cuma 1 biar romantis hahah. Pat Bingsoo adalah es campur kacang merah dan biasanya akan laris manis pada saat musim panas. Pat Bingsoo ala Chingu cafe ini terdiri dari beberapa buah2an, seperti kiwi, strawberry dan tentu saja kacang merah. Lalu ada manggo puding, vanila ice cream dan popping bubblenya. Oia es serutnya ada di bagian dasar ya. Sebelum di nikmati, siram dulu sirup yang berwarna birunya. Kalo saya sih makan dulu semua toping nya setelah disiram sirup, baru kemudian di aduk2. Ini seger banget, benaran nagih deh. Seporsi original pat bingsoo ini di hargai sebesar ± IDR 29, cukup sebanding dengan kesegaran dan porsinya yang gede.

Original path bingsoo ala Chingu cafe
Bonus
Bagian ini berisi foto ramyun yang saya pesan saat pertama kali datang ke Chingu tahun lalu. Saat saya buka2 galeri ternyata masih ada meskipun tinggal satu foto hahah. Sekilas seperti mie rebus biasa, tapi waktu saya makan sampe keringetan karena panas dan pedas. Untuk masalah harga saya tidak bisa memberi tau kisarannya, karena sudah lupa hahha.

Ramyun
Ada satu spot yang selalu ramai di jadikan tempat foto2 oleh para pengunjung, yaitu dilorong yang menghubungkan Chingu cafe dan Chagiya. Tanya kenapa ? mungkin foto di bawah ini bisa menjelaskan :D.

Add caption
Yups, gambar Song Joong Ki yang segede gaban menjadi daya tarik yang cukup ampuh. Banyak banget yang foto2 disini. Lumayan lah, kan belum tentu bisa foto bareng orang nya langsung. Foto bareng posternya pun tak mengapa hahha.

Chingu Korean Fan Cafe
Address : Jalan Sawunggaling No. 10, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116, Indonesia
Phone    : +62 22 4239963
Open     : 10.00 - 22.00 WIB



~ 29 September 2016 ~

You Might Also Like

49 komentar:

  1. Lorong-lorongnya yang bikin hepi:)
    Harga bisa murah segitu gimana ya ?
    Makanan lokal bisa mati kutu tu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mash hepi bngt di lorong itu :D, mkanan lokal masih cukup di minati koq mas hihi

      Hapus
  2. Mbak cafenya keren. Berasa kayak di korea gitu ya...

    BalasHapus
  3. Mau atuh difoto sama Jong Ki. Aku waktu itu duduk di bangku yang nyempil dibawah tipi XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi gak enakeun duduk di situ mah :D

      Hapus
  4. Foto-foto di sini seperti di luar negeri ya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih berasa kaya di korea ya mas :D

      Hapus
  5. Dibandung mah memang semua ada ya teh dan salah satunya ini caffe yang mirip dan hampir sama kalau menurut saya mah seperti berada di kore.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kang di bandung mah ada2 aja restonya :D

      Hapus
  6. gilah, ini beruntung banget kipopers yang ada di bandung. Jadi pengin kesana. Tapi saya di jeketi :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kalii, jeketi- bandung mah deket hahah :D

      Hapus
  7. wah siang2 liaat makanan kaya begini, jadi laper lagih saya mba :( Kafenya bagus, makanannya sangat menggugah seleraa..huaa..jadi pengen ke bandung, tapi kapan yaa? hiks..kota impian saya itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak, apalagi kalo hujan pengen nya makan terus ya *ini curhat :D

      sini mbak main2 ke Bandung, saya jadi guide nya hihih

      Hapus
  8. Kipooppppppp aaaaaa hasamidaaaa haeyooo, sarangheeeee ooooo , fakkkyuu eooo eooo , mianheeeeeee wkwkwk :D

    BalasHapus
  9. Aku suka desain kafe dan pilihan warnanya. Bisa nih sambil nonton Drakor. Hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok mbak, sambil makan biasanya di puterin drakor juga koq heheh

      Hapus
  10. Bandung kenapa sih tempatnya banyak yang kece-kece giniiihhh. Duuuhh. bikin iri deh pengen jadi warga bandung. Aku suka interior kafenya, lucuuukkkk. Makasi infonya ya maaak,ntar mamapir ah kalo ngebanduuungg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih bandung emang ada2 aja mbak, ayoo mbak menbandung lagi :D

      Hapus
  11. wih, ada groupnya juga ternyata.

    BalasHapus
  12. mau juga dong buat cobain rasanya.hehe

    BalasHapus
  13. Suka dg ruang waiting list-nya :D Suasana keseluruhannya juga asyik ya. Fave saya tetep ramyun :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa lucuk ya ruang tunggu nya, bisa sekalian narsis :). Ramyun juga salah satu fave saya :D

      Hapus
  14. Totalitas banget kafenya suasananya jafi kayak betulan di korea... belum pernah nyobain makanan korea sih, kayanya bimbimbap enak tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo mbak di coba Korean foodnya biar kekinian hihi

      Hapus
  15. wah, tempatnya enak ya kayayknya.
    ini tempatnya cocok utk ngajak keluarga kecil ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok banget mas kalo bawa keluarga..emang lebih seru kalo datang nya rame :)

      Hapus
  16. Oh ternyata ini dibandung toh... perlu dicoba deh nanti kalo pas maen ke bandung....

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh banget di coba mas klo ke Bandung hehhe

      Hapus
  17. Akkkk, salah klik blogpost deeeh... Kan jadi ngiler pengen kesini lagi :(((( Nongkrong di Chingu cafe emang paling seru, ga bisa bentar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa teh minimal 2 jam lah nongkrong dsni, sambil makan2 cantik heheh

      Hapus
  18. Tempatnya unyu banget yaah.. Tapi emang bener loh kalo nonton drakor adegan makan mau apapun itu jadi laper liatnya, hebat orang Korea teh bisa jadi motivasi penambah nafsu makan hahaha.

    Ntr mau kesini ah sama Jang Geun Suk oppa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa setuju mbak, apalagi kalo makan ramyun ato tteokboki..padahal cuma jajanan biasa tapi ngiler banget liat nya :D

      Hapus
  19. Eh, ada ya Kafe KPopers? Halal kan? Tar nyobain ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah halal teh, bawa keluarga malah lebih asik loh heheh

      Hapus
  20. design interior kafenya menarik yaaa tapi buat jjangmyeonnya sayangnya berkuah gitu hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. menarik banget mbak klo dari interior nya..itu jjajangmyeon nya udh mulai dingin jadi kuah ny agk encer heheh

      Hapus
  21. Betulll, hehehe...
    Kalau saya ke sini sepertinya bingung milih menunya :)
    Akhirnya, biasanya bilang sama dengan menu yang dipilih teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah bener banget, biar aman pake cara itu :D

      Hapus
  22. Uwuwuw makanannya tak tertahankan, sangat menggoda...

    BalasHapus
  23. Mendingan tempat buat foto di chingu ato chagiu yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku sih lebih suka di chagiya mbak kalo foto2 :D tapi kalo ngomongin makanan aku pilih chingu..lebih banyak pilihan nya :)

      Hapus
  24. Untuk foto2 mending di chingu ato chagiyu yaaa?

    BalasHapus