Yuk, Menulis

10.49 Dini Ratnadewi 0 Comments


Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengikuti kompetisi menulis di blog. Ternyata persaingan dalam dunia blogging sangat ketat. Selain tulisan yang menarik, tanggapan dari pembaca serta jumlah visitor menjadi penilaian juga. Tentunya hal itu sedikit sulit untuk saya, karena blog ini masih sedikit jumlah visitornya :'(. But it's ok !! ini bukan masalah menang atau kalah. Toh, motivasi saya berpartisipasi memang bukan itu. Saya hanya ingin menantang diri saya saja, tapi bukan berarti saya tidak serius juga loh.. saya sangat serius membuat artikel itu, meskipun pada akhirnya tetap tidak menang :D.

Menurut saya menulis itu gampang - gampang susah. Terasa gampang jika ide untuk suatu tulisan sedang mengalir deras. Susah ketika tidak ada ide sama sekali atau jika gagasan sudah di miliki tetapi masih kesulitan dalam pemilihan kata2nya. Bagi saya menulis bukan hanya cara untuk mengeluarkan ide dan pikiran yang ada di kepala kita, tetapi cara lain untuk berkomunikasi. Karena itu pemilihan kata serta paduan kalimatnya harus betul2 dipikirkan, agar pembaca mengerti  maksud kita.

Sejak mulai ngeblog lagi, saya hanya menemui kesulitan ketika akan memutuskan content mana yang akan saya muat ke blog. Berbeda hal ketika saya mencoba menulis sebuah cerita true story atau cerpen. Segala aspek benar2 harus diperhatikan. Mulai dari tema, latar, alur bahkan tokohnya. Apalagi untuk cerpen. banyak sekali hal2 yang masih harus saya pelajari. 

Sekitar bulan Januari lalu saya iseng mengirimkan cerpen yang sudah saya tulis ke salah satu self publishing yang sedang mengadakan event. Alhamdullilah di luar dugaan ternyata lolos :) dan akan segera di terbitkan menjadi antologi cerpen bersama dengan karya2 partisipan lainnya. Bangga rasanya tulisan kita bisa di apresiasi, padahal cerpen itu hanya buah dari kegalauan yang sedang mendera :D.

Beberapa bulan sebelumnya saya juga mengirimkan sebuah cerita true story pada salah satu media online. Kebetulan media tersebut mengadakan event hari ayah. Alhamdullilah cerita saya di muat dan menjadi 25 pemenang tambahan. Horeee :D motivasi untuk menulis semakin menggebu - gebu. Bagi yang penasaran bisa membaca cerita saya di sini (sekalian promosi :D hahah).

Jadi jangan takut untuk menulis yaa teman2..kadang ada hal2 yang sulit kita ungkapkan kan? tidak ada salahnya teman2 coba menuangkan hal sulit tersebut dalam bentuk kata2 pada sebuah tulisan. Hal itu terbukti cukup membantu untuk saya ;). Salam Pena.

salah satu quote favorit saya

You Might Also Like

0 komentar: