Pengalaman Menabung Emas Di Pegadaian

Mei 08, 2017 Dini 29 Comments



"Bang bing bung yuk, kita nabung..tang ting tung hey jangan di hitung..tau2 kita nanti dapat untung 🎤🎤". Ada yang masih ingat dengan lirik lagu tadi, lagu ini cukup populer waktu saya kecil dulu hahha. Lagu yang di ciptakan oleh Titiek Puspa ini memiliki pesan yang bagus untuk anak2, yakni mengajarkan untuk belajar menabung sedari dini. Dulu nabungnya masih di celengan, pake uang recehan sisa jajan 😁. Seiring berkembangnya zaman, tempat menabung gak cuma di celengan ada banyak bank pemerintah maupun swasta yang bahkan bersaing satu sama lain untuk menggaet para nasabahnya. Bahkan tabungan nya pun gak cuma berupa uang.

Beberapa tahun ini lagi ngetrend menabung dalam bentuk emas, yup cara lain berinvestasi adalah dengan menabung si logam mulia yang satu ini. Salah satu lembaga yang menawarkan pelayanan ini adalah Pegadaian. Sebelumnya seorang teman pernah bercerita, bahwa dia membuka rekening tabungan emas di Pegadaian. Sempat tertarik namun gak jadi2 buka rekening hahah 😂, selalu saja ada aral melintang. Sampai akhirnya hampir 1 tahun yang lalu, dalam sebuah event blogger saya berkesempatan membuka rekening tabungan emas Pegadaian. Alhamdulilah.

Saat itu saya mendapat voucher sebesar 50rb, yang kemudian dicairkan dalam bentuk tabungan emas. Lumayan, saya tinggal nerusin aja heheh. Syarat pembukaan rekeningnya juga gampang, hanya memerlukan kartu identitas yang masih berlaku, mengisi formulir serta membayar biaya administrasi sebesar 10rb dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar 30rb. Selain itu pembelian emas bisa dilakukan sebanyak 0,01 gram, dan kita dapat menabung di cabang mana saja (gak mesti di cabang tempat membuka rekening).

Sebelum membeli emas, biasanya saya cek ricek harga dulu. Harga emas cenderung cepat berubah, karena itu ketika harganya murah biasanya saya akan cepat2 membeli 😁. Oia, tabungan emas ini dapat di ambil dalam bentuk uang tunai atau di cetak menjadi batangan emas. Harga saat mengambil tabungan pun akan di sesuaikan dengan harga yang berlaku pada hari itu. Untuk lebih jelasnya silakan buka disini.

Kebetulan beberapa hari yang lalu, saya mengambil tabungan itu dalam bentuk uang tunai. Pengambilan hanya dapat dilakukan di cabang tempat membuat tabungan. Waktu itu hari Sabtu, dan kata satpam nya gak bisa transaksi pas hari itu..transaksi hanya bisa di lakukan pada hari Senin - Jumat. Kemudian saya jelaskan bahwa saya mau mengambil tabungan emas, bukan mau menjual emas *rupanya pak satpam salah tanggap. Setelah satpam bertanya ke dalam, alhamdulilah ternyata bisa 😇. Dengan menyertakan kartu identitas asli, transaksi pun berjalan dengan cepat. Mudah kan ?

~ 8 Mei 2017 ~

You Might Also Like

29 komentar:

  1. Kayaknya investasi emas mnguntungkan juga ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas, menguntungkan banget khususnya buat saya..jadi investasi jangka menengah :)

      Hapus
  2. halo mbak. kalau ngambil tabungan dalam bentuk tunai di bukan tempat membuat tabungannya ga bisa kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaya nya gak bisa mbak, saya selalu di arahkan untuk mengambil tabungan di cabang tempat pembukaan rekeningnya...

      Hapus
  3. Oo.. Kalo nabung emas, , bisa dihari Sabtu ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya bisa, cuma jam operasional ny sampe jam 13.00 kalo sabtu

      Hapus
  4. KALAU BOLEH MENABUNG NYA 10RB TIAP HARI BISA KAH?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaya nya sih bisa, cuma saran saya mending 10rb ny di kumpulin dulu tiap hari dirumah..seminggu atau 2 minggu sekali baru bawa ke pegadaian, karena lumayan ngantri juga disana :)

      Hapus
  5. Sekarang untuk menabung tidak perlu ke cabang guys, cukup transfer aja lewat ATM, biaya admin gratis. Banknya hanya menyediakan BRI dan BNI saja.

    Yang mw narik dlm bentuk uang tunai atau cetak emas, itulah baru ke pegadaiannya. Dan itu tidak harus di tempat kita buka rekening kok, bs di pegadaian mana aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah infonya bermanfaat banget nih..makasih ya 👍

      Hapus
  6. Mending pencarian tabungan nya secara tunai / dalam bentuk emas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut saya sih balik lagi ke individu nya..kalo lebih suka dalam bentuk lempengan emas yaa silakan di cairkan dalam bentuk uang..kalo pengen secara tunai juga monggo :)

      Hapus
  7. Apakah setiap bulan kita harus menyetor kepegadaian mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus tiap bulan setor koq..kan namanya juga tabungan, sesuai rejeki kita aja :D

      Hapus
  8. Waah, sepertinya lebih menguntungkan nabung emas daripada nabung uang ya mba. Sampai sekarang masih sering nabung ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak lebih untung di emas hehe.. Alhamdulillah klo ada rejeki masih suka nabung koq

      Hapus
  9. assalamu 'alaikum mba..
    klo semisal kita setor bulan ini 150 ribu.apakah bulan selanjutnya harus sama(nominal nabungnya)?
    mohon infonya mba 😊.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..
      Nominal selanjutnya bebas mbak..karena emang ga ada patokan nominal brp, malah saya kadang ga setor dlm sebulan.. namanya jg tabungan nabung ny klo lg ada rejeki aja hihi

      Hapus
  10. sangat bermanfaat bagi mereka yang mencari informasi investasi

    BalasHapus
  11. kalau mau mencairkan dalam bentuk tunai dikenakan biaya cetak gk mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ke uang tunai mah gak ada biaya nya mas..kecuali di cairkan ke bentuk emas, baru ada biaya cetak ny

      Hapus
  12. kakak pertama nabung tahun berapa ? dan diambil tahun berapa ? beneran nggak rugi ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai maaf y baru bales..wktu itu sya nabung sekitar 1 thn trs di ambil.. Alhamdulillah untung, asal tau kapan harus di jual nya

      Hapus
  13. Selamat siang mau tanya kalau pertama buat mellaui aplikasi kan harus pencetakan buku tabungan ke cabang oegadaian dmn qt daftar..kalau untuk selanjutnya kalau mau nabung harus pencetakan ke pegadaian langsung tidak?

    BalasHapus
  14. Kak mau tanya kalau pencetakan buku tabungan kan waktu pembuatan pertama wajib ke pegadaian langsung..kalau untuk nabung selanjutnya wajib pencetakan buku tabungan tidak kalau nabung melalui aplikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya aplikasi apa ya ? Apa maksud mbak nabung via aplikasi Tokopedia mungkin y.. kalo melalui aplikasi tidak wajib cetak buku tabungan mbak..tapi di sarankan 3 bln sekali cetak buku, tujuan nya biar keliatan aja sih transaksi kita nya

      Hapus
  15. Balasan
    1. Cobain aja kak..insyaallah bermanfaat ☺️

      Hapus