Curhat Random : Suka Duka Jadi Pekerja IT

13.54 Dini Ratnadewi 22 Comments


(Source : www.roberthalf.com.sg)
Sebenarnya udah lama banget pengen nulis tentang dunia yang saya geluti ini, tapi karena 'sok sibuk' jadi gak nulis2 :D. Entah kenapa rasanya ingin berbagai cerita aja, siapa tau ada yang ingin tahu pengalaman bekerja di bidang IT seperti apa.

Saya seorang lulusan Teknik Informatika dari salah satu Universitas di Bandung. Sekarang saya bekerja di salah satu perusahaan IT di kota yang sama. Iya, bidang yang saya tekuni ini gak jauh2 dari jurusan waktu kuliah dulu. Sebenernya pengen pindah haluan sih, tapi kaya nya rejeki saya di dunia IT. Kenapa saya bisa berpendapat demikian, dulu saat masih freshgraduate saya sempet apply beberapa job vacancy di luar industri ini. Tapi gak di panggil2 buat interview, padahal temen saya bisa benar2 'murtad' dan berkarier di dunia lain, eh maksudnya dunia selain IT. Nasib orang memang beda2 ya. Meskipun awalnya agak berat untuk berkarir di IT tapi lama2 betah juga haha.

Jadi di bawah ini adalah suka duka meniti karier di bidang IT versi saya. Karena bersifat opini pribadi, maka akan berbeda2 dengan pendapat dari teman2 sejawat lainnya. yuu marii langsung di cek :).

Sukanya ketika...
1. Dapat bonus tahunan dan bonus project. Jadi hampir disemua perusahaan IT atau bahkan perusahan2 non-IT pun akan memberikan reward yang sama untuk pegawainya. Kisaran nominal bonus project, akan di hitung dari posisi kita dalam project tersebut. Ini sih urusan orang finance ya. Jika kita terlibat lebih dari 1 project maka bonus yang di dapat akan lebih besar heheh.
2. Gak usah mikirin besok mau pake baju apa. Seriusan, di kantor2 IT biasanya peraturan mengenai pakaian gak terlalu ketat. Standar aja sih, bebas tapi sopan. Kadang2 saya berangkat rapi pake sepatu, sampe kantor langsung ganti sendal. Meeting pun kadang pake sendal hahha.
3. Jam masuk lebih fleksibel. Sebenarnya ini tergantung kebijakan masing2 perusahaan ya. Kalo di kantor saya sih, paling telat masuk jam 9.00 lebih dari itu di anggap telat. Untuk jam pulang menyesuaikan dengan jam masuk.
4. Bisa ngemil sambil kerja. Coba kalo saya kerjanya di bank atau tempat2 lain kaya nya gak akan bisa begini yaa hahah.
5. Bisa santai sesantai2nya, ketika gak ada kerjaan. Kadang kalo lagi gak ada kerjaan saya bisa nonton film di laptop atau browsing2 gak jelas. Ini sebetulnya beresiko hahha yang penting gak ketauan pak bos aja :D.
6. Jadi tau teknologi yang lagi happening. Yes karena pekerjaan, saya dituntut untuk paham atau minimal tahu tentang segala perkembangan zaman khusus nya di bidang teknologi. Pokoknya kalo masalah gadget mah kita paling up to date deh :D.
7. Terlatih jadi individu yang multi tasking. Menjadi pekerja IT itu harus bisa mengerjakan ini itu berbarengan. Karena seorang developer biasanya bisa mengerjakan 2 project sekaligus. Dan menurut saya ini berat, jadi memang harus dilatih.
8. Bisa travelling ke berbagai tempat. Meskipun travellingnya bukan buat liburan, at least saya bisa menjauh sebentar lah dari kantor yang kadang2 bikin boring. Kuantitas perjalanan nya pun disesuaikan dengan jadwal project, kalo saya biasanya 2-3 hari dalam seminggu.

(Source : http://www.the9gag.com)

Gak enaknya itu ketika...
1. Harus lembur & kerja saat weekend. Ini kalo schedule projectnya lagi padat banget atau kalo ada sesuatu yang urgent. Saya pernah selesai UAT (User Acceptance Test) jam 1 pagi, kebayang kan itu gimana stress dan capenya. Untungnya gak tiap hari/weekend begini, cuma sesekali aja itu pun kalo ada jadwal UAT.
2. Dikejar2 klien karena target project molor. Setiap project pasti sudah ada target selesai nya, tapi kadang2 ada suatu masalah yang menyebabkan target tersebut menjadi molor. Nah kalo udah gini, siap2 aja deh di chat bahkan di teleponin terus. Pernah suatu kali saya di telepon klien jam 3 pagi gara2 system yang kita deploy sempet down. Mau marah tapi gimana, mau di cuekin juga ga bisa nanti bilang ga profesional hahha. Terima aja deh.
3. Salary masih belum sebanding dengan kerja keras yang di lakukan. Ada yang bilang gaji di IT itu besar, mungkin untuk perusahaan luar negeri atau bahkan yang kerja langsung di LN memang besar ya. Tapi untuk di Indonesia sendiri menurut saya masih kurang, bahkan ada yang lulusan S1 tapi gaji di bawah UMR.
4. Permintaan klien yang berubah - ubah. Sumpah ini nyebelin banget, padahal di requirement awal udah jelas. Yang begini ini nih kadang bikin project ga kelar2, stress pun semakin berkepanjangan.
5. Ada yang underestimate karena saya cewe. Kebanyakan pekerja IT adalah cowo, kadang2 kemampuan saya suka di sepelekan. Tapi kalo kita betul2 menunjukan kualitas, stigma negatif tersebut berangsur2 memudar koq.
6. Orang salah sangka dan menganggap kita dewa yang bisa apa aja. Karena saya dari IT, banyak orang2 yang menggap saya bisa 'service' laptop atau printer. Hadeuh please deh, itu mah urusan orang hardware. Saat kuliah memang ada matkul yang membahas soal hardware, tapi gak sedalem anak teknik komputer ya.

Udah ah segitu dulu aja list suka dukanya :D. Lho koq ga sama jumlahnya ? hahha yang kepikiran sama saya cuma segitu. Setiap pekerjaan di bidang apapun pasti memiliki suka dan duka, tergantung apakah kita bisa beradaptasi atau tidak. Yuuk yang mau gabung di dunia IT jangan ragu, meskipun berat tapi seru koq :).

Semoga bermanfaat.

~ 6 Februari 2017 ~

You Might Also Like

22 komentar:

  1. Bener semua kerjaan pasti ada enak enggaknya. Tapi kalo di IT banyak enaknya ya daripada gak enaknya, 8 banding 6.

    Tapi kesel juga kalo jam 3 pagi ditelp gegara kerjaan. ckckckk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha itu untuk list duka nya baru kepikiran segitu mbak :D, iyaa kesel tapi gimana gt mbak kalo jam segitu di telponin klien haha

      Hapus
  2. Dulu aku kerja di software house, jadi tau suka dukanya tmn2 programmer hehe
    Iya sih mbak dulu saya ngiranya programmer tu tau apa saja soal leptop, pc dll hehehe
    Tp pekerjaannya seru ya kyknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh kan hahha menganggap orang IT bisa segala2 nya kaya nya udah jadi mind set default orang2 :D seru mbak, apalagi saat ada case yang lumayan sulit trs bisa kita pecahih hehhe

      Hapus
  3. Kebetulan kaka aku orang IT juga nih jadi aku tau banget suka dukanya. Tapi terlepas dari semua suka duka tersebut, sebagai ibu rumah tangga biasa kalo liat orang IT emang keren banget siiihhhh.. hehee

    BalasHapus
  4. Saya 14 tahun bekerja di perusahaan IT. 14 tahun kerjaku menghandle para pekerja IT. Dan 12 tahun itu mulai disumpahi sampai diancam klien sudah kenyang saya rasakan. Haha... Tapi berteman sama anak-anak IT itu seru, blak-blakan dan gak gampang baper. Tiap hari pun saya jg gak perlu dandan modis dan cantik meski posisinya sekretaris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa ya, saya juga gitu di omelin klien mah udah biasa masuk kuping kanan keluar kuping kiri..yang paling asik yaa gitu, kita santai & ga perlu terlalu menor ke kantor hahha

      Hapus
  5. saya pernah kerja jg di perusahaan IT, sukanya bonusnya gede dan dukanya lembur terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak, ga enak nya lembur terus tapi begitu dapet bonus nya langsung semangat lagi hahha

      Hapus
  6. tapi yang aku lihat, lebih banyak sukanya
    keep spirit kakaa ^^

    BalasHapus
  7. Wohooo, keren ihh, kerja di IT. Anakku kayaknya punya minat ke arah sana, mba. Bismillah, semoga ALLAH mudahkan :)
    enjoy my blog --> bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin mudah2an di mudahkan..terima kasih mbak buat komen ny :)

      Hapus
  8. Dengan hati senang karena ini adalah pilihan maka yang duka itu ketutup oleh sukanya ya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas yang penting ikhlas jalanin nya hehhe :D

      Hapus
  9. Sebenarnya enak loh kalau paham IT. Kalau pas lemburkan banysk tambahan uang masuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa betul mas, cuma waktu istirahat jadi berkurang :D

      Hapus
  10. Nomor 2 sama 8 sama banget kaya kerjaan aku :D Iya tuh, bener temenku ada yang orang IT, apa-apa dianggap (baca: wajib) bisa. Emangnya dewa, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha begitu lah mbak, suka salah sangka sama lulusan IT :D

      Hapus
  11. Permintaan berubah2 ini ya mbak yg bikin gondok....
    Eh btw jgn kebanyakan ngemil ya mbak mentang2 bebas hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah betul mbak, kalo permintaan berubah2 itu bkin pusing :D..sekarang udah mulai berkurang koq mbak ngemil ny hahah

      Hapus