Review Film : If Cats Disappeared From The World

13.37 Dini Ratnadewi 2 Comments


Jika kucing menghilang dari dunia, bagaimana dunia ini berubah ?
Jika saya menghilang dari dunia, siapakah yang akan sedih untuk ku?

Haii..saya balik lagi nih masih dengan review film, abis lagi gak ada bahan tulisan wkwkwk ga papa yaa :D. Film yang akan saya review kali ini masih film Jepang, judul nya If Cats Dissappeared From The World atau dalam bahasa Jepang Sekai Kara Neko Ga Kietanara. Kutipan diatas merupakan salah satu dialog yang di ambil dari film ini. Sebetulnya film ini sudah lama rilis yaitu tanggal 14 Mei 2016 kemarin, sayangnya di Indonesia gak rilis. Film yang di bintangi oleh Takeru Satoh dan Aoi Miyazaki ini, di angkat dari novel dengan judul yang sama dan di tulis oleh Genki Kawamura. Kalo kalian pernah nonton Rurouni Kenshin pasti Hafal siapa itu Takeru Satoh. Yup, dia adalah pemeran utama di film tersebut. Jujur aja sebenarnya faktor aktor/aktris nya ini lah yang mendorong saya untuk menonton film ini. Selain tentunya tentang jalan cerita yang di suguhkan.

Takeru nya ganteng hahha
Film dengan genre Fantasy ini memiliki rating yang biasa aja menurut saya, yaitu 7.3/10 (sumber : IMDb). Masih cukup tinggi di bandingkan dengan film Bakuman yang di bintangi Takeru tahun lalu.

SINOPSIS
Film ini menceritakan seorang post man (Takeru Satoh) yang menderita kanker otak (brain cancer). Saat kembali ke rumahnya, ia kaget melihat seseorang yang sangat mirip dengannya. Orang itu kemudian disebut "devil (iblis)". Sang iblis menawarkan sebuah perjanjian, jika ia ingin hidup sehari lebih lama maka akan ada satu benda yang di hapus dari dunia. Benda yang dihilangkan merupakan benda2 yang berhubungan dengan masa lalunya. Kemudian Takeru menyetujui perjanjian itu *di film gak di ceritain nama tokoh yang di perankan siapa.

Hal pertama yang di hilangkan adalah telepon. Nah kalo si telepon ini benda yang berhubungan dengan mantannya. Kebayang kan gimana kalo akhirnya telepon itu menghilang ? Terus hal selanjutnya yang hilang adalah film, kalo film berhubungan teman baiknya. Gitu seterusnya sampai si Devil bilang akan menghilangkan kucing. Disini penonton akan di bawa ke masa lalu tentang kehidupan keluarganya. Dari sini kita akan tahu ada kesalahpahaman yang terjadi antara Takeru dan sang ayah (diperankan oleh Eiji Okuda), sehingga sampai saat ini kedua orang itu tidak pernah bertegur sapa.



Terus endingnya gimana? yaa tonton aja filmnya. Nanti saya jadi spoiler donk kalo ngasih tahu akhirnya gimana heheh.

REVIEW
Satu kata yang menggambarkan kesan pertama setelah menonton film ini adalah "membosankan", apalagi di satu jam pertama. Saya bener2 harus fokus untuk menangkap apa maksud yang ingin disampaikan dari film ini. Belum lagi alur nya yang maju mundur, cukup membuat otak saya berpikir keras.

baca juga : Review Film Kimi No Na Wa (Your Name)
Namun kesan itu berubah ketika bagian si Devil akan menghilangkan kucing di mulai. Saya yang tadinya gak mudeng, jadi tercerahkan *bahasa apa ini :D. Di bagian ini kita akan diperlihatkan bagaimana dulu ibunya sangat mencintai kucing dan berjuang melawan penyakitnya. Pada bagian ini juga kita akan melihat alasan2 kenapa sampai terjadi salah paham. Intinya dibagian ini kita akan butuh banyak tissue :'(. Jadi sebetulnya film ini menceritakan perbandingan keadaan jika benda2 seperti telepon, film dst masih ada dan ketika benda2 tersebut hilang.

Banyak hal2 menarik yang di gambarkan dalam film ini, seperti tentang cara seorang ayah mencintai keluarganya. Dimana gak semua orang akan paham dan mengerti bagaimana cara si ayah mencintai yang akhirnya hanya menimbulkan kesalahpahaman. Yakin deh, setelah nonton ini kita akan sadar kalo setiap orang tua khususnya ayah punya caranya sendiri2 untuk menyayangi keluarganya.

Title : If Cats Disappeared From The World / Sekai Kara Neko Ga Kietanara
Release Date : May 14 2016 (Japan)
Starring : Takeru Satoh, Aoi Miyazaki
Based On : Sekai Kara Neko Ga Kietanara
Directed By : Akira Nagai
Distributed By : Toho
Running Time : 103 Minutes
Country : Japan
Language : Japanese

~ 27 Desember 2016 ~

You Might Also Like

2 komentar:

  1. aku si kurang suka ya sama film yang alurnya mundur apalagi maju mundur. kadang bkin bingung, kalo gak fokus nonton

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak saya juga kurang suka kalo alurnya gak jelas, bikin mikir hahah

      Hapus