Sewa Mobil Menjadi Semakin Mudah Dengan Aplikasi Docar

14.29 Dini Ratnadewi 6 Comments


Docar

Tingkat mobilitas masyarakat dewasa ini sangat tinggi. Mulai dari terbit matahari sampai malam, perpindahan masyarakat seperti tak pernah berhenti. Hal ini semakin dipermudah dengan akses transportasi yang hampir dapat ditemui selama 24 Jam. Tapi kondisi ini berlaku untuk kita yang tinggal di perkotaan, untuk anda yang mungkin sedang bepergian ke luar kota kondisi ini belum tentu berlaku. Misalnya saat kita sedang melakukan perjalanan wisata ke daerah lain, selain medan yang belum familiar biasanya kita juga akan sedikit was-was dengan ketersediaan angkutan pada malam hari. Nah, biasanya sih saya menyiasatinya dengan menyewa mobil.

Menurut saya, melakukan perjalanan wisata dengan mobil sewaan lebih menyenangkan dan fleksibel. Fleksibel dalam artian kita bisa kemana pun dan kapan pun tanpa bergantung dengan ketersediaan transportasi umum. Beberapa keuntungan yang bisa saya rasakan selama melakukan perjalanan dengan mobil sewaan adalah sebagai berikut:

1. Pilihan rute perjalanan yang dinamis
Karena biasanya saya bepergian menggunakan public trasnportation, waktu yang di habiskan dijalan pun menjadi cukup lama. Belum lagi jika terjebak macet. Kan kesel aja gitu padahal saya tahu jalan alternatif agar tak kena macet, cuma berhubung naik kendaraan umum yaa manut aja sama pak supir. Ikut jalur "resmi", *dalam hati pengen rebut kemudi supir terus belokin ke jalan alternatif :D. Nah, untuk kasus ini kita bisa sedikit terhindar. Seperti yang saya jabarkan di atas, dengan menyewa mobil kita bisa melaju di jalanan alternatif tanpa terjebak macet selain itu waktu tempuh jadi semakin singkat.

2. Bebas berhenti kapan saja
Pengalaman saya menggunakan angkutan umum kadang tak selalu nyaman, misal ketika saya tiba-tiba ingin buang air kecil kan tidak bisa seenaknya saja menyuruh supir untuk berhenti. Beda halnya dengan mobil sewaan, saya bisa berhenti kapan saja baik ketika saya sedang "ada panggilan alam" atau ketika saya ingin makan bakso yang kebetulan kedainya di lewati :).

3. Pengalaman yang berbeda
Kalau keuntungan ini benar-benar saya rasakan. Karena berwisata dengan mobil sewaan saya bisa sesuka hati berdendang ria dengan teman, belum lagi candaan-candaan lainnya. Kebayang deh kalau naik angkutan umum, yang ada ditimpukin sama penumpang lain karena berisik terus. Pokoknya perjalanan akan menjadi semakin berkesan deh.

Dari tadi ngomongin sewa mobil terus, sewa mobil tuh susah tau mahal-mahal lagi.
Eiiitss...gak usah khawatir, saat ini sudah ada aplikasi DOcar yang akan memudahkan kita untuk menyewa mobil khususnya bagi anda yang berada di wilayah Solo, Semarang dan Yogyakarta. DOcar adalah aplikasi sewa mobil online berbasis Android, untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website resminya. Di DOcar ini kita gak perlu lagi tuh untuk telepon sana sini sambil kebingungan mencari mobil yang cocok, karena kita bisa melihat dan memilih sendiri kendaraan yang cocok untuk kita. Ilustrasi penyewaan mobil via DOcar bisa kita lihat pada video berikut :
 

Cara Penggunaan
Gimana, kebayang gak mudahnya traksaksi rent car via DOcar? 
Hmm..masih bingung ya. Oke deh kalo masih bingung, saya coba jelaskan. Untuk memulai transaksi silakan download terlebih dahulu aplikasi DOcar di Google Play.

Aplikasi DOcar di Google Play
Jika DOcar sudah terinstall di perangkat Android anda, silakan buka aplikasinya. Pada dasarnya cara penggunaan aplikasi ini sangat mudah, cukup lakukan beberapa langkah seperti pada gambar berikut :

Langkah 1 & 2
Pertama lakukan dulu registrasi untuk membuat akun di aplikasi DOcar, hal ini dilakukan agar proses transaksi menjadi lebih mudah. Registrasi bisa dilakukan dengan cara mendaftarkan email dan data diri anda, atau kalau anda gak mau ribet bisa menggunakan fasilitas registrasi yang terintergrasi dengan akun sosial media anda.

Selanjutnya jika proses registrasi selesai, anda akan melihat form pesan mobil. Silakan isikan kriteria serta lokasi rental untuk mencari mobil yang tersedia. Kemudian aplikasi DOcar akan menampilkan daftar mobil yang tersedia. DOcar ini menyediakan berbagai macam kendaraan, mulai dari mobil yang cocok dipakai untuk keluarga sampai mobil yang pas untuk digunakan rombongan.

Silakan pilih mobil yang anda inginkan. Selanjutnya lakukan pembayaran, saat ini DOcar baru menyediakan metode pembayaran transfer bank saja. Dan proses sewa mobil pun selesai. See, semudah itu bertransaksi di DOcar :).

Langkah 3 & 4

Fitur Yang Dimiliki DOcar
Selain memberikan kemudahan transaksi, DOcar juga memiliki fitur yang gak kalah oke. Seperti, fitur registrasi yang terhubung langsung dengan akun pribadi anda. Fitur registrasi ini dapat di gunakan ketika anda gak mau bersusah payah untuk mengisi data diri, selain itu fitur ini juga cukup efektif menurut saya. Lalu ada fitur yang menyediakan info mobil dengan sangat detail, seperti kapasitas penumpang, jenis bahan bakar yang digunakan bahkan nomor polisi nya pun dicantumkan. Nah fitur ini saya kira yang paling kece, aplikasi DOcar ini akan mengirimkan pesan untuk rental mobil yang sudah pilih. Maksudnya ketika ada mobil yang sudah di sewa melalui DOcar, maka secara otomatis aplikasi DOcar akan mengirimkan pesan kepada pemilik mobil bahwa mobil tersebut sudah di sewa. Fitur yang terakhir adalah adanya fasilitas supir yang dapat anda gunakan, jika anda memang membutuhkan seorang supir.

Fitur DOcar
Kelebihan Aplikasi DOcar
Nah tadi kan sudah saya jelaskan fitur-fitur di DOcar, sekarang giliran saya menjabarkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Docar.

Kelebihan aplikasi DOcar
1. Pilihan mobil yang variatif
Sepertinya sudah saya singgung di atas, kalau DOcar ini menyediakan berbagai macam mobil yang variatif. Dari ukuran kecil sampai mobil untuk rombongan. Namun anda tidak perlu takut, semua mobil yang tersedia di jamin dalam kondisi yang baik.

2. Pilihan durasi & fitur yang beragam
DOcar menyediakan durasi sewa yang beragam, yaitu 8 jam, 12 jam dan full day. Hal ini dapat anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu ada juga fasilitas penjemputan sesuai dengan data jemputan yang anda isi. Enak banget kan, bisa di jemput segala :D.

3. Harga sewa yang kompetitif
Harga yang ditawarkan DOcar sangat bervariasi dan kompetitif, sesuai dengan jenis mobil yang anda butuhkan. Disamping itu, DOcar juga memberikan potongan harga yang menggiurkan. Lumayan kan potongannya bisa buat jajan heheh.

4. Tampilan aplikasi yang user friendly
User atau pengguna cenderung menyukai aplikasi yang mudah digunakan namun tetap eye catching. Nah DOcar ini pas banget, aplikasinya mudah untuk di gunakan terus interfacenya juga gak bikin silau di mata. Untuk pengguna yang tidak terlalu familiar dengan aplikasi semacam ini pun, saya rasa tidak akan kebingungan.

Kekurangan Aplikasi DOcar 
Kalau ada kelebihan pasti ada kekurangan, seperti DOcar ini. Biar pun fiturnya sudah oke, tetap saja ada beberapa catatan yang saya jadikan sebagai kekurangan.

Kekurangan Aplikasi DOcar
1. Aplikasi DOcar masih mencakup beberapa kota
Saat ini aplikasi DOcar baru beroperasi di daerah Solo, Semarang dan Yogyakarta saja. Sangat diharapkan aplikasi akan mengembangkan jaringannya keseluruh nusantara, sehingga DOcar dapat menjangkau wilayah-wilayah kota besar lainnya.

2. Pilihan cara pembayaran kurang bervariasi
Kemudahan cara pembayaran juga menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan user ketika akan bertransaksi. Saat ini DOcar hanya menyediakan metode pembayaran dengan transfer bank, namun dana yang di transfer dapat berupa dana untuk pembayaran secara full atau bayar uang muka dulu sebesar 25%. Menurut saya metode pembayaran ini sudah cukup efektif, hanya saja hal ini tidak memberikan kemudahan jika misalnya user ingin membayar melalui kartu kredit, internet banking atau bahkan paypal.

Saran Untuk Pengembang
Sedikit saran dari saya pada saat daftar mobil hasil pencarian di tampilkan, sebaiknya di beri fasilitas filtering berdasarkan rating atau harga sewa dan bersifat pilihan. Jadi ketika user memilih pilihan filtering berdasarkan rating, maka rental mobil dengan rating tertinggi akan di tampilkan secara descending. Begitu juga jika user memilih filtering berdasarkan harga mobil. Selain itu pilihan dropdown  lokasi pada detail penjemputan, perlu di tambahkan dengan keterangan lokasi seperti, terminal dan stasiun. Menurut saya hal ini penting demi data penjemputan yang valid.

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi halaman DOcar berikut ini :
Situs            : http://www.docar.co.id
Google Plus : https://plus.google.com/+DocarIdsewa-mobil-solo-jogja-semarang
Facebook    : http://www.facebook.com/docar.id



~ 17 Agustus 2016 ~

You Might Also Like

6 komentar:

  1. namanya kayak kereta kuda ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa betul, kaya nya memang sengaja di buat begitu..biar gampang di ingat :)

      Hapus
  2. Sewa mobil dengan aplikasi DOcar jadi hemat uang, hemat waktu, dan hemat tenaga ya? DOCar memang sipp!!

    BalasHapus
  3. Asik nih sudah ada Docar, sayangnya jangkauan masih kecil ya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa untuk saat ini masik sedikit jangkauannya..mudah2an nanti bisa menjangkau kota2 besar lainnya :)

      Hapus