Curhat Random : Tentang Dini, Sebuah Nama Sebuah Cerita

11.57 Dini Ratnadewi 2 Comments


(Sumber : viva.id)
Kadang saya heran di Indonesia ini perempuan yang bernama Dini ada berapa juta jiwa. Begitu populerkah nama tersebut, sehingga kemana pun saya pergi selalu menemukan nama yang sama ?. Perkenalkan nama saya Dini Ratnadewi Handayani *what a long name -_-". Saya mau curhat tentang nama saya yang kadang2 menyelipkan rasa senang, sedih bahkan jengkel. Jika William Shakespeare pernah mengatakan apalah arti sebuah nama, maka orang timur akan berpendapat nama adalah hal penting. Kenapa demikian ? karena bagi kita nama bukan sekedar sebutan atau panggilan untuk seseorang lebih dari itu nama adalah sebuah doa, harapan orang tua terhadap anaknya. Gak heran kalo dari jauh2 hari para calon orang tua sudah memikirkan nama apa yang cocok untuk di sematkan pada putra putrinya.

Kembali ke nama Dini, karena penasaran dengan arti nama saya secara bahasa maka saya melakukan sedikit "riset". Berdasarkan artikel yang saya baca, Dini berasal dari bahasa arab "Diin" yang berarti agamaku dan biasa digunakan untuk anak laki2 *what??? tapi ada beberapa artikel yang menyatakan bahwa nama Dini bisa digunakan juga untuk anak perempuan *agak lega. Sedangkan dalam kamus besar bahasa Indonesia Dini berarti pagi sekali atau pagi2 benar. Abis ini saya mau tanya langsung ke mamah soal waktu kelahiran saya, siapa tau memang pagi2 sekali lahir nya hahha. Saya memang bukan tipe orang yang suka menanyakan hal2 tersebut jika memang tidak ada kebutuhan. Kalo masalah nama belakang saya, bisa di tebak yaa itu bahasa sansekerta semua :D. Untuk artinya silahkan cari sendiri hahha.

Ada beberapa kejadian yang sedikit annoying buat saya. Masih ingat kan dulu ada sinetron Pernikahan Dini yang di bintangi Agnes Mo & Syahrul Gunawan *Yaa Alloh ketauan banget saya anak tahun berapa :D. Nah pas sinetron ini lagi hits2 nya, saya sering tuh kena ciee2an teman sekolah. Padahal waktu itu saya masih SD, entah kelas berapa saya lupa. Kesel aja gitu sama teman yang suka ngeledekin, ada yang ngeledek "ciee pernikahan Dini", "ciee Dini nikah" dan ciee2 lain nya. Sebagai anak kecil, saya jengah juga di ledek seperti itu. Apaan banget deh masa judul sinetron di kait2 kan. Dan aneh nya kenapa saat itu teman2 saya tau kalo ada sinetron Pernikahan Dini, mungkin kah mereka nobar bareng bunda2 nya hahah. Jujur saya tau ada sinetron itu ya dari teman2 :p.

Terus pengalaman menjengkelkan lain nya adalah ketika ada seorang teman SMA di facebook yang menambahkan saya ke daftar pertemanannya. Sebetulnya saya gak terlalu dekat juga dengan teman tersebut, hanya tau nama dan sekolah di tempat yang sama saja. Tak lama setelah saya menerima permintaan tersebut, teman itu mengirimi saya pesan bahwa Dini yang di maksud ternyata bukan saya dan dia menghapus saya dari friend list nya *what the...Asli ini menyebelin banget, saya memang tidak menggunakan foto asli di profile fb tapi setidaknya dia bisa melihat album foto saya sebelum memutuskan untuk menambahkan saya sebagai teman nya. Lagian masa teman gak tau nama belakang teman nya sendiri. Saat itu saya benar2 kesal tapi yaudah lah..whatever !!!

Lain lagi dengan pengalaman lucu ini. Saat lulus kuliah dan ingin melamar pekerjaan, saya legalisir dulu tuh fc ijazah sama transkrip nilai. Pas udah selesai, saya periksa ternyata fc ijazah dan transkrip nilai milik saya hanya 2 lembar saja, selebih nya milik seorang perempuan bernama Dini Ratnasari. Ya ampun ini koq kembar banget nama nya, mana 1 jurusan lg -_-". Akhir nya saya balik lagi deh ke loket administrasi, saya menjelaskan situasi nya kemudian saya di suruh datang lagi keesokan hari nya. Hadeeuh sedemikian pasaran kah nama saya hahha. Terus saat mulai kerja, ternyata ada 1 orang lagi yang baru masuk dan nama nya Dini juga. Udah gitu para Dini ini di simpen dalam 1 tim hahha. Mas leader sampe bingung karena takut salah panggil. Akhirnya saya di panggil dengan nama Dira, gabungan dari Dini dan nama belakang saya Ratna, sedangkan Dini yang 1 nya masih menggunakan nama asli. Agak gimana gitu sebenarnya, tapi yaa demi kemaslahatan tim di terima aja deh :p.

Kalo yang ini pengalaman yang menjengkelkan sekaligus sedih. Waktu itu saya dan pacar sebut saja nama nya Mawar D, sedang mengikuti acara Yudisium di kampus. Yudisium itu prosesi penentuan kelulusan dan nilai kelulusan dari program studi di universitas, prosesi ini biasa nya dilakukan beberapa hari sebelum wisuda. Nah, kebayang kan saya senang nya kaya gimana karena sebentar lagi bisa wisuda. Saat menunggu nama saya di panggil, si D yang duduk di samping saya malah menyebutkan nama Dini yang lain. Kebetulan urutan pemanggilan nya sesuai dengan NIM dan D tau kapan saya akan di panggil. Begitu dia salah sebut nama rasa nya tuh pengen marah tapi sedih juga huhuh. Dear, you really destroy my day :'(. Jadi tiba2 gak semangat gitu. Tapi gak papa deh, awas aja nanti kalo ijab qobul salah sebut nama lagi, tak sobek2 mulut mu mas :D.

Dari beberapa pengalaman itu, saya jadi berpikir di Indonesia ini banyak sekali yang menggunakan nama Dini. Perlukah saya mendirikan organisasi Perkumpulan Dini Seluruh Indonesia :D. Saya pernah membaca berita mengenai Perkumpulan Asep2 atau Paguyuban Sri, dimana organisasi itu mengumpulkan orang2 dengan nama yang sama. Unik ya hahha. Kesimpulan nya, nama Dini banyak di gunakan mungkin karena nama ini memiliki arti yang bagus dan mudah untuk di ingat hahha. Bagaimana dengan anda, adakah pengalaman unik yang berkaitan dengan nama ?

You Might Also Like

2 komentar:

  1. Gimana dengan saya mba? Namaku SITI , so much siti not only in Indonesia, but also maybe in another country, hahaa bisa jadi komunitas besar nih. Bikin aah..
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha iyaa juga yah, nama siti gak cuma di Indonesia aja..boleh tuh mbak bkin komunitas nya, aku vote mbak sebagai ketum nya :D

      Hapus