Tips Suka - suka : Mengelola Dana Hari Raya

18.14 Dini Ratnadewi 0 Comments


Apalagi yang di tunggu2 menjelang hari raya seperti ini selain THR haha. Rasanya berdebar2 saat dana tersebut belum mencair, galau gak jelas gitu deh kaya lagi nunggu dilamar orang *eh. Bikin gak fokus pokoknya :D. Biasanya dana tersebut akan turun seminggu sebelum lebaran, di tempat saya dana tersebut cair berbarengan dengan salary bulanan. Berasa jadi orang kaya untuk beberapa jam :D. Kebanyakan dari kita akan larut dalam euforia lebaran, sehingga secara tak sadar THR kita akan langsung menguap begitu saja karena tergiur dengan diskon yang menjamur. Untuk mencegah hal itu, berikut ini beberapa tips suka2 yang sedang saya praktekan sendiri.

(sumber : bidhuan.com)
1. Tentukan prioritas kebutuhan kita
Sebagai manusia pasti banyak sekali kebutuhan yang harus kita penuhi, namun mengingat dana yang akan kita kelola kali ini adalah dana untuk hari raya maka ada baiknya kita tentukan dahulu mana yang harus di dahulukan. Buatlah daftar prioritas kebutuhan kita misal, dana untuk mudik, dana untuk membeli kebutuhan lebaran, dana untuk kebutuhan sehari2 dll. Jangan lupa sisihkan juga dana untuk di tabung, karena biasanya kita akan kekurangan dana setelah lebaran usai :'(

2. Pisahkan sejumlah dana ke rekening lain
Setelah THR dan salary bulanan masuk ke rekening, kita dapat memindahkan sejumlah dana ke rekening lain. Tujuannya adalah agar kita tetap dapat mengontrol dana yang keluar. Nah, karena di awal kita sudah membuat "pos" kebutuhan, maka kita sudah dapat gambaran berapa dana yang akan digunakan untuk kebutuhan tersebut. Sisakan dana pada rekening utama untuk tabungan atau pindahkan besaran dana tersebut ke rekening lain sebagai tabungan.

3. Tinggalkan ATM card saat kita berbelanja
Nah ini yang paling menguji, Shopping time. Siapa sih perempuan di dunia ini yang gak suka berbelanja. Apalagi jelang lebaran seperti ini, pesta diskon bertebaran dimana2. Hati2 terhadap godaan yang satu ini. Salah2 kita akan kebablasan terus akhirnya nangis karena menyesal *trust me..ini nyesek banget. Karena itu, usahakan jangan membawa ATM card yang berisi dana cadangan kita. Kita dapat menggunakan dana pada rekening lain yang kita gunakan sebagai sumber dana untuk kebutuhan lebaran.

4. Usahakan untuk menutup mata ketika melihat diskon yang menggiurkan
Ini juga penting, jika melihat kata SALE di pusat perbelanjaan bicaralah pada diri sendiri bahwa kita tidak butuh barang yang sedang diskon tersebut. Biasanya perempuan akan bergerombol pada barang yang memiliki tag SALE, BUY 1 GET 1, DISKON 50% ALL ITEM. Itu wajar, tapi tetap kendalikan diri yaa. Kalau sudah melihat barang yang memiliki tag di atas, biasanya kita akan mengelus2 barang tersebut sambil ngaca kemudian dibawa ke kasir hahah.

Kunci dari keberhasilan mengelola dana ini adalah konsistensi dan loyalitas kita pada planning yang sudah kita buat. Memang susah sih, tapi berusahalah untuk mengontrol diri kita dari segala diskon yang gentayangan. Semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

0 komentar: