Review Kuliner : Resto Ramen Favorit di Sekitar Bandung

22.25 Dini Ratnadewi 8 Comments

Bagi penggemar makanan Jepang, ramen atau mie khas negeri sakura tentu tak asing lagi. Mulai dari ramen yang di jual di kedai - kedai biasa sampai ramen yang di jual di restoran premium yang super mahal (buat kantong saya :D). Sebetulnya rasa ramen di kebanyakan restoran Indonesia sudah di sesuaikan dengan selera lokal. Tak heran jika kita dapat menemukan ramen dengan pilihan level pedas, mulai dari level pedas yang cetek sampe level yang bikin mewek. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan lidah Indonesia yang mayoritas menyukai makanan pedas. Nah berikut ini ulasan mengenai restoran ramen yang sudah pernah saya kunjungi, bahkan menjadi tempat favorit nan penuh memory (aseeek :)))

1. Yagami Ramen House
Terletak di  Jl. Ir. H. Djuanda tepatnya di sekitar Simpang Dago, sebelahan dengan Memory salon. Sebetulnya ada 1 tempat lagi yaitu di Jl. R.E Martadinata (Jl.Riau) Bandung, namun saya lebih sering ke gerai Simpang Dago :D. Di tempat ini biasanya saya memesan semangkuk Blakkupepa Ramen, mie yang di sajikan dengan kuah blackpaper, telur rebus, wortel dan jamur. Sebelum ditambah dengan sambal, kuah ramen ini sudah cukup pedas jadi bagi anda yang tidak suka pedas hati2 yah. Untuk pelengkapnya saya memesan Chicken katsu. Tapi jika anda merasa bosan dengan Chicken katsu bisa memilih topping yang lain juga koq, seperti beef slice, salmon ball, octopus, fried fish cake, sweet corn atau naruto. Selain Blakkupepa ramen, yang menjadi andalan disini adalah Tom Yum ramen, kuah tom yum nya seger banget. Masih ada 9 pilihan rasa lainnya loh :)

Blakkupepa Ramen
Selain itu tempatnya juga cukup luas, plus cozy banget. Cocok deh buat nongkrong sama teman. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp.19.000 sampai Rp.42.000, cukup terjangkau kan. Service nya juga cepat, dijamin tidak akan membuat kita kelaparan menunggu.

 
Suasana di Yagami Ramen Dago
Suasana Di Yagami Ramen House Dago
2. Hakata Ikkousha
Menurut situs resminya, Hakata Ikkousha adalah rumah makan ramen yang berdiri sejak 40 tahun silam di Fukkuoka Jepang. Hakata sendiri merupakan desa yang terkenal dengan berbagai variasi kulinernya dan juga merupakan salah satu tempat makan paling populer di Fukkuoka. Hakata Ikkuousha sendiri memiliki cabang pertamanya di Jakarta, yang merupakan salah satu cabang resmi dari Fukkuoka Hakata Jepang. Begitu saya tahu ternyata ada cabangnya juga di Bandung, langsung jingkrak2 deh soalnya sudah jadi target sejak lama :P. Outlet di Bandung berada di Jl. R.E Martadinata no.172 (Jl.Riau), dekat dengan lampu merah Jl. Laswi.

Buku Menu Hakata Ikkousha
Begitu membuka daftar menu, saya langsung tertarik dengan ramen ayam tamtam. Kuahnya kaya ada pedes2nya gitu :D. Oia jangan khawatir yah, outlet Bandung ini termasuk kedalam kategori no pork alias bebas dari daging si piglet. Alhamdulillah :). Saya datang ke sini bersama dengan 7 orang teman kantor saya, 4 orang memesan ramen ayam tamtam sedangkan 4 lainnya memesan ramen ayam special *kalau tidak salah :P.

Ramen Ayam Tamtam
Ramen ayam tamtam yang sudah saya obok - obok :P

Ramen Ayam Special
Setelah pesanan datang, langsung deh dalam hati bilang 'ini worth it banget..' sambil senyum2 sendiri :)). Kuahnya kental banget dan memang sedikit pedas, tapi dikiiiiiit banget karena setelah itu saya campur lagi dengan irisan cabe rawit. Teteup ya, ga ramen ga mie rebus di cengekan emang lebih mantap :P. Kisaran harga untuk seporsi ramen disini sekitar Rp.58.000, cukup membuat dompet kering ya tapi sepadan dengan rasanya apalagi telur rebus setengah matangnya. Nulis ini aja saya sambil ngeces, kepengen lagi. Next time pasti kesini lagi :D.

Suasana Hakata Ikkousha
Suasana Hakata Ikkousha
Tempatnya juga luas dan bersih apalagi lokasinya mudah di jangkau. Pelayanannya juga bagus, begitu cabe rawit potongnya habis, langsung di refil wkwkwk. Maklum saja apalah dayaku yang berlidah sunda ini :p. Selain menu ramen, disini juga menyediakan menu Donburi, nasi kare dan yang unik ada menu bubur ramen juga.

3. Marugame Udon
Nah, ini sebetulnya bukan termasuk kategori ramen tapi berhubung masih saudaraan gak papalah yaa sekalian saya tulis saja hahha :D. Marugame udon ini merupakan restoran yang berasal dari Kobe Jepang dan saat ini sudah memiliki lebih dari 800 cabang. Uwooow, sugoi !! Udon sendiri adalah mie khas Jepang yang memiliki ketebalan berbeda dengan mie pada umumnya. Marugame udon yang biasa saya kunjungi, berada di Jl. R.E Martadinata no.112 Bandung. Lokasinya berada dipinggir jalan, jadi mudah untuk di akses. Sebenarnya, tempat ini juga luas tapi karena selalu penuh, jadi terlihat agak sumpek.

Sistem order disini seperti kebanyakan resto Jepang lainnya. Kita mengantri dulu sambil memilih makanan kemudian bayar *yaiyalah :D. Sayangnya saya selalu tidak sempat mendokumentasikan aktifitas saat mengantri (saking terlalu konsen mau order yang mana). Pelayannya juga baik banget, mau membawakan makanan saya ke meja karena berat :P

Chicken Katsu Curry Udon + Chikuwa tempura
Saat pertama kali ke Marugame, saya memesan Niku Udon plus Chicken Katsu. Asli ini nagih, kuahnya gurih banget dan teteup yah ditambahin cabe rawit iris hahha. Chicken katsunya juga benar2 tebal, bukan tebal tepungnya saja seperti chicken katsu di tempat lain. Pada kunjungan selanjutnya saya memilih Chicken Katsu Curry Udon plus Chikuwa. Yang ini agak beda kuahnya, karena saya memilih Curry maka kuahnya pun lebih kental seperti Curry pada umumnya. Tapi tetap enak koq, apalagi wanginya beeuh menggoda iman. Oia Chikuwa itu semacam otak2 khas Jepang, dominan rasa ikan namun agak manis.
Niku Udon + Chicken Katsu
Selain menu udon, ada juga menu rice bowl. Macam2 sih ada beef curry rice, tendon rice dll. Tapi saya belum pernah mencoba menu ini, saya lebih penasaran dengan menu udonnya. Range harganya antara Rp.34.000 sampai Rp.54.000 per porsi.

Itu dia tempat makan ramen favorit saya, tempat makan favoritmu dimana :) ?

You Might Also Like

8 komentar:

  1. wah, tempatnya keren :)



    anggiputri.com

    BalasHapus
  2. menunya sepertinya enak semua dan kuah ramen ayam tamtamnya bikin ngiler, pengen nyobain rasanya >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbak ayam tamtam emang paling juara :D

      Hapus
  3. doain suatu hari aku bisa kesana jg y mbk :))

    BalasHapus
  4. Ramen telornya setengah mateng :3 ngiler nih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih apalagi dimakan sama kuah mie nya..mantaps banget mbak :D

      Hapus