Keseruan #RoadBlog Bandung

13.25 Dini Ratnadewi 6 Comments


Sabtu pekan kemarin (14/05/16), saya mendapat kesempatan untuk menghadiri event akbar yang bertajuk Excite Indonesia RoadBlog 10 Cities. Kebetulan saya baru bergabung dengan komunitas Blooger Bandung, sehingga saat admin mengumumkan acara ini tanpa berpikir panjang langsung mendaftarkan diri. Beberapa hari kemudian, saya mendapat email yang menyatakan bahwa saya terpilih sebagai salah satu peserta. Asiiik :D

Kemudian saat hari pelaksanaa, perasaan saya jadi campur aduk antara excited, deg – degan sampai perasaan jiper alias ngeper. Kenapa ? karena saya benar – benar sangat baru dalam dunia bloging, sedangkan peserta yang lain sepertinya sudah malang melintang cukup lama dalam kancah perblogingan.

#RoadBlog Bandung (14/05/2016)
Acara #RoadBlog ini di laksanakan hampir seharian, dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB serta di dukung oleh Traveloka, Lembaga Sensor Film Republik Indonesia (LSF), Pegadaian dan Bank Sinarmas. Selain itu acaranya bertabur hadiah banget loh, dari acara mulai sampai selesai ada saja hadiah yang dibagikan pada peserta yang beruntung. Mengambil tempat di hotel Best Western Premier La Grande Bandung, akses menuju lokasi sangat mudah karena terletak di pusat kota lebih tepatnya di seberang BIP.

Sampai disana sekitar pukul 7.35 WIB, saya sempat bingung karena kebetulan hari itu ada 2 event lain yang sama – sama di laksanakan di hotel itu. Setelah bertanya kepada petugas hotel akhirnya saya sampai di TKP, gak jadi nyasar deh :p. Saat saya memasuki ruangan, hanya ada beberapa peserta yang baru datang kalau tidak salah Mbak Dessy Natalia (ibujerapah.com) dan Mas Agung (maaf lupa nama blognya :)v).

Daftar Acara
Setelah peserta lain datang, acara pun di mulai. Event ini di pandu oleh Mas Raja Lubis serta dibuka oleh performance dari duo RRC (Republik Rakyat Cisitu :D). Ada yang menarik bagi saya, yaitu alat musik yang di gunakan oleh duo RRC. Alat musik tabuh itu mirip kendi yang biasa saya lihat. Ternyata menurut penjelasan mereka, alat musik tersebut berasal dari Nigeria dan disebut Udu. Unik yaa..
 

Duo RRC, lengkap dengan alat musik unik 'Udu'
Dilanjutkan dengan sambutan dari Bang Aswi sebagai ketua Blogger Bandung, lalu di susul oleh sambutan dari Mas Aldy Teren Putra perwakilan dari Excite. Sebelum sesi 1 dimulai, ada selingan acara dulu nih "Coffee Break". Akhirnya :D. Baiklah, mari lanjut ke acara inti. Sesi pertama seminar ini diisi oleh Bpk. Doddy Budiatman dari Lembaga Sensor Film (LSF), Mas Barry Angga dari Traveloka dan Bpk. Nur Hasan dari Pegadaian.
Narasumber pada sesi 1 #RoadBlog Bandung
Pak Doddy Budiatman menjelaskan apa itu LSF, fungsi lembaganya, lengkap dengan landasan hukum yang mendasari LSF ini. Untuk teman - teman yang ingin mengetahui lebih lanjut, bisa mengujungi Link ini. Berdasarkan penuturun beliau, saat ini LSF tidak melakukan pemotongan dan pengurangan adegan lagi. Proses sensor dilakukan secara mandiri, artinya para sineas perfilman diminta untuk membuat naskah skenario sesuai dengan peraturan dan budaya masyarakat Indonesia. Sehingga pemotongan dan pengurangan adegan dapat dihindari. Selain itu beliau juga menjelaskan bahwa pekerjaan LSF ini tidak mudah. Selalu ada pro kontra dalam setiap prosesnya, misal LSF melakukan sensor pada film A dan melakukan protes terhadap salah satu adegan di film tersebut, sang Sutradara merasa tidak melakukan pelanggaran apapun karena ia menganggap adegan tersebut merupakan bagian dari seni. Nah hal ini cukup berat menurut saya, satu sisi LSF ingin memberikan film yang berkualitas dan layak tonton bagi masyarakat sedangkan disisi lain LSF seringkali dianggap memasung kreatifitas insan perfilman. Hmm..jadi bingung deh.

Dilanjut oleh narasumber berikutnya yaitu Mas Barry Angga dari Traveloka. Mas Barry menceritakan awal berdirinya Traveloka. Dalam penjelasannya beliau juga menyisipkan beberapa iklan Traveloka yang membuat peserta tertawa. Oia dalam event ini Traveloka juga membagikan voucher diskon loh, lumayan :P

Mas Barry 'Traveloka' sebagai narasumber di #RoadBlog Bandung
Selanjutnya narasumber dari Pegadaian yaitu Bpk. Nur Hasan. Kebetulan banget nih, sebetulnya saya sangat tertarik dengan tabungan emas dari pegadaian. Beberapa teman saya sudah terlebih dulu membuka rekening tabungan emas ini. Tapi koq saya masih belum paham dengan systemnya, padahal  mereka sudah menjelaskan :P. Tabung emas sendiri adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Tabungan emas ini cocok untuk kita yang ingin berinvestasi emas tetapi khawatir fisik emas tersebut hilang. Oia saya sempat bertanya kepada beliau mengenai perbedaan membeli emas baru dengan emas hasil lelang. Jadi, jika kita membeli emas baru kita bisa menjual lagi emas tersebut seharga dengan saat kita membeli emas. Artinya meskipun ada pengurangan harga saat menjual, harganya tidak terlalu jauh dari saat kita membeli emas. Dengan catatan kita menjual lagi emas tersebut ke Pegadaian. Sedangkan jika kita membeli emas hasil lelang, emas tersebut tidak dapat di jual lagi ke Pegadaian. Tentunya harga beli emas baru dan emas lelang akan berbeda. Sesi pertama pun selesai, acara selanjutnya isoma. Peserta dipersilakan untuk makan dan sholat.

Suasana Makan Siang Acara #RoadBlog Bandung
Selesai isoma, acara dilanjutkan kembali. Sebelum memulai sesi 2 ada acara hiburan dulu nih, kali ini Mas Aldy menunjukan kebolehannya dalam dunia persilatan persulapan. Ada 3 orang peserta yang berpartisipasi dalam 'show' Mas Aldy ini yaitu, Mas Hilman, Mbak Winda dan Teh Yuli. Konsep sulapnya bukan seperti Pak Tarno yang prok prok jadi apa prok prok :p, pertunjukan Mas Aldy ini lebih ke arah membaca/menebak pikiran kita. Partisipan diberi pertanyaan berbeda - beda kemudian diminta untuk menuliskan jawaban tersebut ke dalam kertas, jawaban mereka nantinya akan di tebak oleh Mas Aldy.

Mas Aldy sedang menebak jawaban Mbak Winda
Lanjut sesi ke 2, kali ini ada 2 narasumber yaitu Mas Sunjaya dari Bank Sinarmas dan Mbak Ani dari Genflix. Mas Sunjaya menjelaskan mengenai tabungan online, dari penjelasan beliau saya jadi mengetahui betapa mudahnya membuka tabungan online. Kita tinggal buka website mereka terus pilih menu tabungan online. Cocok deh buat kita yang males ngantri di Bank untuk buka rekening. Sedangkan Mbak Ani menjelaskan apa itu Genflix. Nah, bagi yang belum tahu apa itu Genflix bisa berkunjung ke sini. Genflix ini keren banget, kita bisa menonton film, liga Eropa sampai anime. Selain itu untuk film luar, sudah dilengkapi subtitle. Makin asik aja nih nontonnya.

Nah, akhirny acara yang di tunggu datang juga. Kali ini pembicaranya Bang Aswi dan Kang Argun. Sebelum berbagi tips menulis, Bang Aswi memutarkan sebuah lagu dari seorang penyanyi asal Jepang Yui *ternyata beliau terinspirasi dari Yui :). Menurut Bang Aswi agar konsiten menulis dibutuhkan target atau schedulling menulis untuk diri kita sendiri. Misal target kita 2 kali menulis dalam seminggu, 3 kali dalam sebulan dan seterusnya. Jujur ini saya rasakan sendiri, konsistensi dan komitmen untuk tetap menulis itu berat. Kemudian dilanjut dengan pembahasan mengenai SEO dari Kang Argun. Yang saya tahu SEO itu proses untuk mengindex website kita agar dapat ditelusuri oleh Google. Tapi ternyata dalam prakteknya rempong banget dan butuh waktu. Padahal dengan background saya yang lulusan teknik informatika, SEO ini harusnya sudah saya mengerti tapi ternyata masih ngblank juga :D.

Akhirnya sampai di penghujung rindu acara. Seharian dalam ruangan seminar tidak membuat saya bosan, malah seharian terasa cepet banget. Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari event ini, selain itu teman blogger pun jadi bertambah. Terimakasih untuk komunitas Blogger Bandung, untuk kesempatan yang langka ini. Mudah - mudahan bisa hadir di event selanjutnya :)

You Might Also Like

6 komentar:

  1. Waktu baru dateng, aku dan Widi agak ragu2 mau duduk di baris kedua itu. Kirain tas yang di situ tas cowok. Ternyata tas Dini :)

    BalasHapus
  2. wahh hahha..kemana2 aku lebih suka pake tas itu ga ribet :)

    BalasHapus
  3. Udah ga Jiper lagii kaan?
    Tak kenal maka tak sayang, hayu kenal2an engan blogger lain biar sayang eeehh :D

    Makasih ya dah berpartisipasi, moga bermanfaat ilmu simplenya
    Salam kenal Dini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai salam kenal juga mba Hanie..udah ga jiper dnk skrg mah :D seneng bgt bisa kumpul2 & ketemu tmn2 blogger..terimakasih utk kesempatan ny :)

      Hapus
  4. Eh, ini mbak-nya yang waktu itu duduk depan aku bukan yah? Hehe..

    Emang seruuu banget acaranya, selain dapet ilmu bermanfaat, bisa dapet banyak teman baru juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa betul heheh..ga rugi yh bisa dpt ilmu & temen baru

      Hapus