Berkenalan dengan Google Webmaster #1

20.55 Dini Ratnadewi 2 Comments

Bagi anda yang mungkin baru membuat sebuah situs atau hanya sekedar blog pribadi, pasti bertanya2 bagaimana sih caranya agar laman kita di kunjungin banyak pemirsa ? Nah hal itu juga yang saya tanyakan kepada si mbah Google. Biasanya pemirsa (pembaca) hanya mengetikan suatu kata kunci, lalu mesin pencari akan menampilkan hasil penelusuran yang relevan dengan kata kunci tadi. Tapi ketika saya mencoba mencari salah satu artikel yang sudah saya buat, koq si mbah tidak menampilkan hasilnya yah ? Berangkat dari peristiwa itu, akhirnya saya mencari tahu penyebab mengapa artikel yang saya tulis tidak dikenali oleh si mbah. Ternyata eh ternyata, hal ini dikarenakan Google membutuhkan beberapa saat untuk dapat mengindex dan mengenali laman kita. Apalagi jika situs/blog kita benar2 baru "lahir". Namun, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membuat proses pengidentifikasian laman kita dengan lebih cepat.

Dari hasil browsing sana - sini, saya memutuskan untuk mencoba Google Webmaster. Apa itu Google Webmaster ? Google Webmaster adalah suatu alat/tools yang disediakan oleh Google guna memudahkan para pemilik situs/blog untuk melihat trafic, top search keyword dan hal2 lain mengenai kesehatan situs/blog, broken link atau error lainnya. Google Webmaster ini memang bukan produk keluaran anyar, namun bagi anda yang baru melahirkan sebuah situs/blog tentu belum cukup familiar dengan tool yang satu ini.
 
Source : Google.com
Selain menampilkan hal2 di atas dalam bentuk grafik, Google Webmaster juga menyediakan pengaturan guna mengoptimalkan hasil penelusuran di mesin pencariannya. Tool yang digunakan untuk mengatur hasil pencarian adalah Google Search Console. Anda bisa menggunakan fasilitas ini jika sudah mendaftarkan situs/blog anda disana. Oia, Google Webmaster ini bisa anda gunakan secara gratis asal sudah memiliki akun Google. Google Webmaster merupakan salah satu tools SEO (Search Engine Optimization) yang sering di gunakan. Perhatikan video ilustrasi mengenai Google Search Console di bawah ini :


Jadi, Google Search Console adalah bagian dari Google Webmaster. Jelas yah :D. Berdasarkan video diatas, kebayang kan manfaat dan fungsi dari Google Search Console ini. Jika anda ingin langsung mencoba, silakan klik disini untuk mengakses Google Webmaster. Mengenai fitur2 pada Google Search Console akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya. Takut postingannya kepanjangan :D.

Semoga info ini berguna :).

You Might Also Like

2 komentar: